*

Selasa, 29 November 2011

FUNGSI MANAJEMEN

Fungsi manajemen adalah elemen -  elemen dasar yg akan selalu ada dan melekatdi dalam proses manajemen yg akan di jadikan acuan oleh manajer dalammelaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan
Adapun fungsi manajemen adalah ;
  • Planning
Planning atau perencanaan merupakan pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi kebijaksanaan proyek program prosedur metode sistem anggaran dan standar yg dibutuhkan utk mencapai tujuan.
  • Organizing
Organizing atau pengorganisasian ini meliputi:
Penentuan sumber daya-sumber daya dan kegiatan-kegiatan yg dibutuhkan utk mencapai tujuan organisasi.Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yg akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan.Penugasan tanggung jawab tertentuPendelegasian wewenang yg diperlukan kepada individu-individu utk melaksanakan tugasnya.
  • Staffing
Staffing atau penyusunan personalia adl penarikan (recruitment)latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawandalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan produktif.
  • Leading
Leading atau fungsi pengarahan adl bagaimana membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yg diinginkan dan harus mereka lakukan.
  • ·Controlling
Controlling atau pengawasan adl penemuan dan penerapan cara dan alatutk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dgn yg telah ditetapkan.

membagi manajemen menjadi empat fungsi sajaberikut penjelasannya: 

1.Fungsi Perencanaan /Planning

 Fungsi  perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukantersebut.  

2.Fungsi Pengorganisasian /Organizing
Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber dayamanusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankanrencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan. 

3.Fungsi Pengarahan /Directing / Leading
Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.

4.Fungsi Pengendalian /Controling
Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.